Tentang Pagar Besi Tempa

Tentang pagar besi tempa – Mungkin masih ada sebagian orang yang bertanya-tanya apa itu “pagar besi tempa?”

Pagar besi tempa atau yang dikenal juga dengan sebutan pagar klasik adalah salah satu jenis pagar untuk rumah dan properti lainnya yang dibuat menggunakan proses penempaan besi dan pengecoran logam.

Dalam proses pembuatannya pagar jenis ini biasanya hanya menggunakan kombinasi dua jenis logam, yaitu besi dan aluminium. Beberapa ada juga yang menggunakan kuningan walaupun agak jarang.

Besi yang akan di gunakan di pukul-pukul berulang kali hingga di dapatkan bentuk yang sesuai dengan desain. Penempaan besi dilakukan dalam keadaan dingin maupun panas tergantung dari bentuk yang di inginkan.

Selain proses tempa pagar ini juga menggunakan logam cor atau yang di sebut ornamen. Material logam yang akan dibuat ornamen dipanaskan di dalam tungku hingga meleleh setelahnya dituang kedalam cetakan menjadi berbagai macam bentuk.

Baca juga: Inspirasi Desain Pagar Rumah

Bisa dibilang ornamen inilah yang menjadi ciri paling khas dari sebuah pagar klasik. Ornamen ini juga yang menjadikan sebuah pagar klasik terlihat antik dan mewah.

Pagar klasik memiliki beberapa keistimewaan dan kelebihan jika di bandingkan dengan jenis pagar lainnya, dan beberapa diantaranya adalah;

  • Kokoh dan tahan lama – Material besi yang di gunakan dalam pembuatan pagar jenis ini adalah besi-besi solid yang di lapisi dengan lapisan tahan karat dan di cat berlapis. Hal tersebut di lakukan agar besi menjadi lebih awet dan tahan korosi.
  • Megah dan mewah – Dari segi tampilan pagar ini memiliki beragam variasi model yang sangat banyak, ia mampu memberikan tampilan berkelas pada tampak depan sebuah hunian.
  • Perawatannya mudah – Perawatan pagar ini juga terbilang sangat mudah, Anda hanya cukup melakukan pengecatan ulang tiap beberapa tahun sekali.

Berikut ini adalah beberapa contoh gambar pagar besi tempa:

Gambar Pagar Besi Tempa





tentang pagar besi tempa klasik

Baca juga: Desain Pagar Rumah Klasik

Dengan banyaknya variasi model dan bentuk pagar jenis ini dapat di gunakan untuk rumah-rumah bergaya arsitektur klasik maupun modern.

Proses pembuatan pagar jenis ini juga terbilang cukup memakan waktu. Biasanya mulai dari proses perakitan sampai dengan finishing memakan waktu tidak kurang dari dua bulan. Bahkan untuk beberapa model bisa lebih lama lagi.

Tetapi lama waktu proses pembuatannya sebanding dengan hasilnya. Layaknya sebuah karya seni, pagar besi tempa dibuat bukan hanya untuk tujuan keamanan sebuah hunian. Tetapi juga mempertimbangkan nilai-nilai estetikanya.

Jadi jika Anda menginginkan sebuah desain pagar yang kokoh tetapi juga estetis pagar jenis ini merupakan pilihan yang sangat tepat.

Demikianlah artikel singkat tentang pagar besi tempa klasik. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi Anda semuanya.

Bagi Anda yang mungkin berminat untuk menggunakan desain pagar klasik Anda dapat menghubungi kami. Kami merupakan bengkel spesialis pembuatan berbagai macam produk-produk besi tempa klasik. Mulai dari pagar, railing tangga, balkon dan lain-lain.

Anda dapat menghubungi kami untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai harga, motif dan lainnya. Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada kami secara gratis.

Kami menerima pesanan pembuatan sekaligus pemasangan produk-produk besi tempa dari seluruh wilayah di Indonesia!

Kunjungi juga website kami yang lainnya: www.nuansaklasik.my.id